Skip to content

Profile Syaikh Sudais

Syaikh Sudais atau lebih dikenal dengan nama Abdur Rahman Al-Sudais adalah salah satu Imam Masjidil Haram Mekah yang termasyhur. Umat Islam di seluruh dunia sangat menaruh hormat pada Imam Masjidil Haram, lebih-lebih kepada beliau.

Syaikh Sudais sangat terkenal karena bacaan Al-Qurannya yang indah. Ketika orang mulai mendengar bacaannya, semua jadi tergerak untuk sholat.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Imam Al-Sudais:

1. Berapa Gaji Syaikh Sudais?

sudais

Ini cerita berdasar pengalaman pribadi. Waktu itu saya berada di negara lain dan duduk di pertemuan agama. Syaikh Sudais juga mengunjungi negara itu untuk beberapa -hari. Salah satu pembicara konferensi agama telah bertemu Syaikh Sudais beberapa hari yang lalu. Dia mengatakan kepada kami semua bahwa sebelum bertemu Syaikh Sudais, ia penasaran bagaimana pemerintah Saudi menggajinya.

Karena penasaran, ia bertanya tentang hal ini kepada Syaikh Sudais tetapi Syaikh Sudais tidak menjawabnya. Kemudian, salah satu delegasi yang datang bersama Syaikh Sudais dari Arab Saudi mengatakan kepada pembicara konferensi bahwa Pemerintah Arab Saudi telah mengatakan kepada semua Imam Haramain bahwa pemerintah tidak bisa menggaji mereka. Layanan yang diberikan oleh Imam ini tidak dapat diukur dalam bentuk uang.

Pemerintah Arab Saudi hanya memberikan kepada para imam cek kosong setiap bulan dan meminta mereka untuk mengisinya sesuai kebutuhan mereka. Subhanallah! Ini adalah sisi positif dari Arab Saudi yang masyarakat umum tidak banyak yang tahu.

2. Hafal Quran Sejak Usia 12 Tahun

Syaikh Sudais lahir pada tahun 1960 di ibukota Arab Saudi, Riyadh. Belliau berasal dari kabilah Anza. Syaikh Sudais hafal Quran pada usia 12 tahun. Syaikh Sudais lulus pada tahun 1979, dan pada tahun 1983 ia mendapat gelar Sarjana Syariah Islam dari Universitas Riyadh (kini King Saud University).

Pada tahun 1987 beliau mendapat gelar master dan pada tahun 1995 menyelesaikan Doktor Syariah Islam. Beliau kemudian bertugas di Universitas Riyadh dan kemudian di Ummul Qura University sebagai Asisten Profesor

3. Jadi Imam Masjidil Haram di Usia 24 Tahun

sudais

Syaikh Sudais terpilih sebagai Imam di Masjidil Haram ketika berusia 24 tahun. Beliau menyampaikan khotbah pertamanya pada usia 24 tahun di bulan Juli, 1984. Pada tahun 2012 Syaikh Sudais diangkat sebagai kepala Kepresidenan untuk Masjidil Haram dan diberi pangkat Menteri.

4. Berkat Doa Ibu

Alkisah, karena kenakalannya di waktu kecil, ibu Imam Abdur Rahman Al-Sudais mendoakannya dengan pernyataan ini; “Semoga Allah membuat kamu Imam Haramain”. Hingga kini Syaikh Sudais percaya bahwa ia telah menjadi Imam berkat doa dari ibunya.

5. Bacaan Al-Quran yang Menyentuh Kalbu

sudais

Syaikh Sudais juga terkenal atas bacaan menyentuh kalbu saat melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan suaranya yang khas. Rekaman suaranya ketika menjadi imam Sholat tersebar luas ke penjuru dunia dan menjadi rujukan utama umat Islam.

6. Perhatian pada Krisis Dunia Islam

sudais

Dia tidak hanya Imam Masjidil Haram, tetapi ia juga terus memberikan perhatian pada masalah umat Islam dan memainkan peran penting dalam hal ini. Syaikh Sudais dinobatkan sebagai Pribadi Islam Teladan (Islamic Personality of The Years) pada tahun 2005 oleh Dubai.

Beliau memainkan peran penting dalam perang melawan terorisme dan menjelaskan bahwa ledakan, serangan bunuh diri dan terorisme; benar-benar bertentangan dengan perintah Islam.

7. Pembelaan Pada Palestina

sudais

Syaikh Sudais juga mengkritik kekuatan internasional dan diamnya global atas penjajahan di Palestina oleh pemukim Israel. Beliau  mengkritik negara Israel dan menyerukan pada Muslim untuk mengirim lebih banyak bantuan ke Palestina.

Syaikh Sudais juga berbicara tentang konsep persaudaraan Muslim dan mendesak Muslim di seluruh dunia untuk membantu umat Islam di Palestina, Irak, Somalia dan Kashmir. Melalui khotbah-khotbahnya, Syaikh Sudais menghimbau umat Islam untuk membantu Muslim di daerah yang dilanda perang dunia.

(duniatimteng)

One thought on “Profile Syaikh Sudais

  1. Daffa Ghifari

    Alhamdulillah webnya sudah jalan,,semoga Info-infonya bermanfaat buat Umat Islam

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: