Skip to content

Warga Qatar Tuntut UEA Usir 800 Ribu Orang Iran

Doha, LiputanIslam.com – Warga Qatar menanggapi daftar tuntutan negara-negara Arab yang memboikot negeri mereka. Mereka menyusun daftar serupa dan meminta agar Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir memenuhi tuntutan mereka.

Seperti diketahui, empat negara Arab ini memberikan 13 syarat kepada Qatar guna memulihkan hubungan diplomatik. Mereka tahu bahwa Qatar mustahil memenuhi 13 syarat tersebut. Pemutusan hubungan dengan Iran, pembubaran stasiun al-Jazeera, menutup pangkalan militer Turki, dan membayar uang tebusan adalah sebagian dari syarat-syarat tersebut.

Masyarakat Qatar meminta dari UEA untuk mengusir 800 ribu warga Iran yang tinggal di sana, menutup kantor-kantor dagang Iran di UEA, membubarkan stasiun Sky News, serta mendeportasi Muhammad Dahlan dan sejumlah antek lain dari UEA.

UEA juga dituntut untuk menghentikan dukungan terhadap kelompok separatis Yaman Selatan dan pasukan Khalifa Haftar di Libya.

Daftar senada juga disampaikan kepada Saudi. Warga Qatar meminta agar Saudi membubarkan stasiun al-Arabiya dan menutup harian al-Syarq al-Awsath.

Saudi juga dituntut untuk mempublikasikan nama ribuan warga Saudi yang pergi ke Suriah dan Irak, mengungkap nama warga Saudi yang bergabung dengan Ikhwan al-Muslimin, serta mengembalikan Zainal Abidin bin Ali, presiden pelarian Tunisia, ke negaranya.

Aksi spontan warga Qatar ini bertujuan mengingatkan kepada para pemboikot, bahwa syarat-syarat yang diajukan kepada Qatar mustahil diwujudkan. (af/alalam)

Leave a Reply

%d bloggers like this: