Skip to content

Memanah itu Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah SAW – [video]

Rasulullah SAW bersabda :  “ Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim)
Hadits tersebut menjadi cikal bakal bagi kegiatan komunitas ini. Sambil berniat mengamalkan apa yang dianjurkan baginda Rasulullah Muhammad SAW., mereka bersinergi bersama untuk melakukan satu dari tiga kegiatan olahraga yang dianjurkan Beliau, yaitu memanah.

Dalam beberapa tahun ini, olahraga berkuda dan memanah memang sedang naik daun di kalangan muslim Indonesia. Banyak kelompok yang mengadakan gathering dengan latihan memanah bersama, mulai dari para remaja Masjid, pelajar sekolah, para karyawan swasta, dan lainnya. Salah satunya adalah sebuah komunitas yang mewadahi kelompok-kelompok yang melakukan olahraga sunah Nabi ini dengan olahraga panahan, yaitu Muslim Archery Indonesia (MAI).

Komunitas yang mempunyai slogan Reviving the Sunnah of Archery ini berdiri sejak 20 Maret 2015. Satu tahun berdiri, mereka sudah diikuti oleh 300 lebih anggota yang tersebar di Indonesia.

Hikmatiyar Robbani, Ketua Muslim Archery bercerita pada gomuslim, Rabu (30/03/2016), bahwa komunitas ini memiliki tujuan yang sederhana tapi bermakna, yaitu menghidupkan kembali sunah memanah.

“Berawal dari banyaknya Muslim yang belajar memanah di Indonesia dua tahun ini dan ada banyak klub panahan di Indonesia, saya ingin para Muslim yang belajar memanah ini bisa silaturrahim, saling sharekeilmuan, jual beli alat-alat panah dan bisa mengadakan event-event bersama yang selama ini berjalan sendiri-sendiri, sehingga melalui komunitas ini bisa menjadi wadah kebersamaan untuk belajar membumikan sunnah Rasul, “ jelas laki-laki yang akrab disapa Tiar ini.

Terkait kegiatan, Muslim Archery rutin mengadakan sharing di media sosial dan kopi darat alias kopdar dengan para anggota  setiap satu bulan sekali. Acara tersebut biasa berlangsung di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan. Karena Masjid Al Azhar juga mempunyai kegaitan komunitas archery, yaitu di bawah kepengurusan Youth Islamic Study Club (YISC) Al-Azhar. Kegiatan yang dilakukan saat gathering di antaranya adalah share ilmu panahan, mencoba busur yang dibawa para member yang beraneka ragam, dan  latihan bersama.

 “Komunitas ini terbuka untuk semua kalangan, yang belum mengenal pun bisa ikut karena di sini kita saling share dan care. Jadi untuk yang belum bisa akan kami ajari,” tambah Tiar yang juga aktif menjadi pelatih Archery Club YISC Al Azhar.

Banyak Manfaat bagi Kesehatan
Menurut Tiar, Archery ini sungguh luar biasa manfaatnya, sehingga Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk belajar memanah, selain berenang dan berkuda. Selain menyehatkan tubuh,  memanah ini dapat bernilai pahala karena salah satu sunnah. Olahraga memanah juga bisa bisa melatih individu-individunya untuk menang, berani, fokus, dan melatih logika.

 ‘Karena pentingnya manfaat ini kami dan para member dari MAI berusaha menyebarkan olahraga ini ke seluruh masyarakat di Indonesia sehingga semua bisa merasakan manfaat dari memanah ini,” kata Tiar.

Dalam waktu dekat, MAI akan mengadakan Silaturrahim Nasional yang selama ini hanya diadakan di setiap regional Jabodetabek saja. Tapi ini berbeda dari gathering sebelumnya. Selain itu, MAI juga  ada program One Masjid One Bow, yaitu program membagikan alat panah kepada  Masjid-Masjid  di Indonesia. 
Hal ini bertujuan, agar Muslim bisa memanah di masjid sekitar dan sebagai daya tarik anak muda untuk memperbanyak aktivitas di Masjid.
“Mohon doanya juga, semoga ke depan,  MAI bisa membuat rangememanah sendiri, sehingga para Muslim bisa berlatih memanah secara gratis di sana,” harapnya.

 
Cara bergabung di MAI bisa di saat kopdar atau bisa hubungi CP di facebook Fanspage Muslim Archery Indonesia dengan  persyaratan khusus untuk  Muslim dan berniat belajar memanah dengan serius. 
Jika ingin melihat aktivitas dan informasi tentang MAI bisa dilihat media sosial Facebook: Muslim Archery Indonesia, Instagram: @Muslim.Archery,
Email: archerymuslim@gmail.com

[gomuslim]

Leave a Reply

%d bloggers like this: